RSS
Hai.. Met Datang di BlogQ... Mudah-mudahan Blog ini dapat bermanfaat bagi anda

Manfaat organisasi 2


Beberapa manfaat yang dapat saya rangkum adalah sebagai berikut :

  1. Media bersosialisasi. Sebagai manusia, sudah pasti tidak lepas dari keberadaan manusia yang lain. Hal ini membentuk ikatan sosial di antara manusia itu. Dengan berorganisasi, masing2 kita dilatih bagaimana membentuk kehidupan sosial yang baik untuk semua pihak. Tentu saja manfaat yg satu ini, sudah diketahui secara umum.
  2. Melatih softskill masing2. Softskill yang dimaksud tidak hanya bagaimana dapat menyampaikan ide-ide secara verbal di depan orang banyak. Tapi juga bagaimana dapat melakukan negoisasi yang baik, bagaimana menjadi motivator yang baik bagi orang lain dan bagaimana menyakinkan orang lain agar mendukung pendapat/ide kita, semuanya termasuk dalam softskill ini. Dengan memiliki softskill yang baik, sesungguhnya orang tersebut akan memiliki kekuatan yang sangat besar untuk melakukan sesuatu atau merubah sesuatu. Latihan softskill ini jarang sekali didapatkan dari pendidikan formal. Kalo pun ada, sifatnya sangat terbatas dan hanya teori. Tapi dengan beraktifitas di organisasi, softskill ini langsung dilatih dalam bentuk praktek. Selain itu, orang yang pintar tanpa didukung oleh kemampuan softskill yang memadai, terkadang tidak dapat tampil ke permukaan dan ide2nya cenderung tenggelam tanpa dapat didengar oleh orang lain. Orang2 seperti ini juga cenderung utk selalu menjadi bawahan. Tapi bila didukung oleh kemampuan softskill yang baik, orang tersebut dapat menyampaikan ide2 dengan baik ke orang lain sehingga tentu saja ide2nya menjadi dikenal oleh orang banyak. Sehingga kemampuan seperti ini juga sangat dibutuhkan oleh seseorang yang ingin menjadi pemimpin.
  3. Melatih kemampuan untuk mendengar dan menghargai orang lain. Salah satu tokoh yg dikunjungi, sangat menekankan manfaat yang satu ini. Sudah pasti, banyak sekali orang pintar yg ada didunia. Tapi orang yang pintar ini biasanya punya kendala untuk dapat mendengar dan menghargai orang lain. Padahal kemampuan sebagai pendengar yang baik dan dapat menghargai orang lain ini lah menjadi penentu keberhasilan seseorang sebagai seorang pemimpin, baik pemimpin di tingkat keluarga, pimpinan sebuah perusahaan/instansi, maupun pemimpin di tingkat yang lebih tinggi. Dengan menjadi seorang pendengar yang baik, kita dapat menangkap apa yang menjadi keinginan orang lain atau anggota dari sebuah organisasi yang dipimpin. Juga dengan kemampuan mendengar yang baik, kita dapat memahami maksud/ide dari orang lain yang bisa saja sangat dibutuhkan demi kemajuan diri kita sendiri maupun organisasi yang kita pimpin. Menghargai orang lain, dibutuhkan untuk dapat selalu memotivasi orang lain yang sudah melakukan sesuatu yang sejalan dengan keinginan kita, agar dapat menjadi lebih baik di kemudian hari.
  4. Belajar menghadapi orang dengan berbagai tipe. Sudah pasti bahwa manusia yang satu berbeda secara pola pikir dengan manusia yang lain. Bagaimana bisa menghadapi tipe2 orang yang berbeda dan bagaimana bisa merangkul orang2 yg berbeda tipe ini agar mau mendukung ide dan tujuan kita, merupakan hal yang bisa didapat hanya melalui berorganisasi. Tentu saja dengan tipe2 yang berbeda, membutuhkan penanganan yang berbeda-beda pula. Kemampuan ini juga sangat dibutuhkan bagi mereka yang akan menjadi seorang pempimpin.

Demikian manfaat2 berorganisasi yang dapat saya rangkum. Manfaat2 diatas, memang jarang sekali yang dapat dirasakan langsung saat melakoni aktifitas berorganisasi. Tapi hal ini akan sangat dirasakan manfaatnya saat sudah terjun ke masyarakat.

So… yuk berorganisasi…

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 ORGANISASI. All rights reserved.
Free WordPress Themes Presented by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy